Thursday 24 November 2016

HIDE DATA TERTENTU DENGAN GROUP PADA EXCEL



MICROSOFT EXCEL merupakan aplikasi yang paling sering di gunakan baik mahasiswa, pejabat, dosen sekalipun atau lainnya juga menggunakannya. karena kenapa hidup ini penuh dengan kebutuhan data  mulai dari hal yang paling kecil hingga hal yang besar seperti database dan sebagainya. 

Sebelumnya saya telah membuat artikel tentang Cara Mencari Data Yang Sama Pada Excel  semoga ada mamfaat nya.

Artikel saya tentang Hide Data Tertentu Dengan Group Pada Excel ini mengupas tentang cara kerja yang mudah tinggal klik (-) atau (+) saja. mudahkan.....angan lupa di baca ya serta di pelajari semoga bermamfaat………!

Bagi pengguna Mikrosoft Excel lazim mendapat data seperti gambar diatas atau juga hal senada seperti format gambar diatas, kadang kala kita tidak ingin menampilkan data semuanya tapi hanya hasil akhir saja contohnya seperti dibawah ini.




Perhatikan garis bulat warna merah dari contoh di atas jelas bahwa sebanyak pun data yang ada tetap yang paling di butuhkan adalah jumlah data terkumpul yang ditampilkan saja akan tetapi bisa juga untuk ditampilkan semuanya. Bila anda mempunyai kasus seperti di atas saya akan member cara atau trik agar anda mudah dalam bekerja serta menghemat waktunya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan cermat

  1. Buka Mikrosoft Excel dan buat table seperti contoh paling atas atau anda ambil data yang sudah ada.
  2. BLOK data yang ingin dijumlahkan yang nantinya bisa disembunyikan atau ditampilkan Klik DATA  kemuadian pilih GROUP yang ada tanda  (  +   ) atau(   -   ) seperti gambar di bawah ini



Nah coba perhatikan di sebelah kiri sudah ada tanda (  -  ) atau (   +  ) kan…….? Cara kerjanya kalau anda klik tanda ( – ) maka data akan telihat semuanya atau sebaliknya dan bisa juga anda klik pada nomor di atas tanda ( –  ) dan (  + ) tadi dan hasil nya akan seperti ini (Perhatikan lingkaran warna merah) :




Silahkan coba buat pada table selanjut nya cara seperti diatas. Atau kalau anda ingin hidden data permanen tanpa ditampilkan masih bisa kok...! 

Setelah dilakukakan Blok Data pada langkan yang pertama pada gambar diatas (yang ada lingkaran merah bertuliskan 1,2,3 ) jangan melanjutkan pada langkah kedua dan ketiga akan tetapi cukup melakukan klik kanan pilih Hide, Cuma kekurangan cara seperti ini jika kita ingin melihatnya kita disibukkan dengan menampilkan pilihan unhidenya dulu, caranya masih sama Pilih Data yang ingin di blok kemudian klik kanan pilih unhide , kalau datanya tidak banyak mungkin  tidak akan ada masalah dengan cara kedua tapi kalau datanya sudah banyak saya sarankan untuk melakukan cara yang pertama yang lebih simple dan untuk ditampilkan pun tinggal kilik tanda(  –  ) dan (  +   )nya saja…itulah penjelasan dari saya kalau ada kekurangan mohon maaf..sekian terima kasih...


EmoticonEmoticon