Thursday 30 March 2017

14 AMALAN DAN ZIKIR PADA BULAN RAJAB MENURUT SABDA RASULULLAH SAW



Alhamdulillah pada hari ini allah masih memberikan kita kesehatan jiwa raga sehingga pada hari ini kita masih sempat membaca artiker ini dengan judul 14 amalan dan zikir pada bulan Rajab menurut sabda rasulullah SAW semoga ada mamfaatnya.....



Bulan Rajab ini terdapat kelebihan yang luar biasa. Tapi tenang saja kita ngak akan bahas semuanya kok.! yang ada tambah pening he..he...

Sedikit kita awali bahwa pada bulan rajab ini ada amalan dan zikir yang dikerjakan secara khusus dan ada juga amalan dan zikir yang dikerjakan secara umum. 

Kalau yang dikatakan amalan yang dikerjakan pada bulan Rajab secara khusus adalah amalan-amalan yang kita lakukan pada hari tertentu atau malam-malam tertentu saja. Nah sebaliknya kalau amalan-amalan yang kita lakukan pada bulan rajab secara keseluruhan kapan saja selama 24 jam dalam sehari selama masih dalam karidor bulan rajab itu dikatakan sebagai amalan umum adalah amalan yang kita lakukan keseluruhan selama bulan rajab.

Berikut kita akan mengulas sedikitnya ada 14 Amalan dan zikir pada bulan Rajab menurut Sabda Rasulullah.

1. Perbanyaklah membaca Astagfirullah

Seperti gambar dibawah ini




Sabda Rasulullah SAW
"Bulan Rajab adalah bulan permohonan pengampunan bagi ummat, maka hendaknya mereka memperbanyak istighfar didalamnya."

Membaca istighfar ini boleh dibacakan kapan saja apakah itu sesudah sholat ataupun tidak, untuk lebih afdhal dalam melakukan pengabdian kepada Allah apalagi memohon ampun kepada sang Khaliq maka lukakanlah pada saat-saat mustajabah doa salah satunya melakukannya selesai melakukan shalat lima waktu.

2. Perbanyaklah membaca astagfirullah lailahilla huwa

Seperti gambar dibawah ini


Sabda Rasulullah SAW yang Artinya:
"Barang siapa yang membaca dibulan Rajab Istigfar sebanyak 100 kali dan mengakhirinya dengan bersedekah, Allah akan mengakhirinya dengan rahmat dan magfirah. Barang siapa yang membacanya 400 kali allah akan mencata baginya 100 pahala shuhada "

3. Perbanyaklah membaca astaqfirullah


Seperti gambar dibawah ini
Sabda Rasulullah SAW yang Artinya: 
"Barang siapa yang membaca dibulan Rajab Istigfar sebanyak 1000 kali maka allah akan mengampuninya dosa baginya sebesar apapun "


4. Perbanyaklah membaca Subhanal lillahil Jalili



Seperti gambar dibawah ini

Artinya : "Maha suci allah yang maha agung, maha suci ynag tak layak bertasbih kecuali kepada-Nya, Maha suci yang maha agung dan Maha Mulia, Maha suci yang menyandang keagungan dan hanya dialah yang layak memilikinya"

5. Perbanyaklah membaca ya Dzal jalali walikram

Seperti gambar dibawah ini

Artinya : "Wahai yang Maha Agung dan Maha Mulia, wahai pemilik kenikmatan dan kedermawan, wahai pemilik Anugrah dan karunia dan selamatkan dari api neraka"

6. Perbanyaklah membaca laailaahailallah


Seperti gambar dibawah ini





Sabda Rasulullah SAW yang Artinya: 
"Barang siapa yang membaca la ilahaillah dibulan Rajab Istigfar sebanyak 1000 kali, Allah mencatat baginya seribu kebajikan dan membangun kepadanya seratus kota disyurga" 

7. Perbanyaklah membaca allahumma firli 

Seperti gambar dibawah ini 




Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa "Barang siapa yang membacanya sebanyak 70 kali dan diakhiri dengan doa tersebut dengan mengangkat kedua tangan ke atas dan jika dia mati dibulan rajab maka allah meridhainya dan tidak akan akan disentuh oleh api neraka karena keberkahan pada bulan Rajab" 

8. Perbanyaklah membaca Surat Al-Ihklas 

Dalam riwayat dijelaskan bahwa "Barang siapa yang membaca surat Al-Ihklas sebnayak 100 x pada hari jum'at pada bulan Rajab maka akan allah berikan cahaya yang mengatarkan mereka kesyurga " 

9. Perbanyaklah Berpuasa 

Riwayat Sabda Rasulullah bahwa"Barang siapa yang berpuasa sehari di bulan Rajab dan melakukan Shalat Sunat 2 Rakaat dan ayat yang dibaca pada rakaat pertama adalah ayat kursi dan pada rakaat kedua adalah surat al-ihklas maka allah akan menampakkan baginya syurga baginya diakhir hayatnya "

10.Perbanyaklah shalat sunnat 4 rakaat

Riwayat Sabda Rasulullah bahwa" Barang siapa yang Melakukan shalat sunnat 2 4 rakaat dua salam dan..................maka allah akan mencata kebaikan pada hari itu sampai dengan hari kematiannya,.................kemudian akan mendapat pengampunan yang baik dan mengakhiri hidupnya dengan kebahagiaan "

11.Perbanyaklah membaca puasa kamis jumat sabtu

12.Perbanyaklah membaca shalat malam

13.Perbanyaklah membaca surat ihklas dalam sahalat sunnat

14 Perbanyaklah membaca walhadulillah

Seperti gambar dibawah ini


Artinya :" Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan kecuali Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung "

Diriwayatkan Sabda Rasulullah SAW “ Barang siapa yang membaca Tasbih (subhanallah walhamdulillah.................) pada tiap-tiap hari siang dan malam pada bulan Rajab ditambah Surat Al-Fatihah, ayat Kursi, Surat Al-Kafirun, Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Nas masing-masing (3 kali), kemudian membaca masing-masing (3 kali) maka allah akan mengampuni dosa hambanya sebanya tetesan air hujan, daun-daun pepohonan dan buih dilautan. Namun Bacaan ini tidak hanya berlaku pada bulan rajab bahkan dibulan lain seperti sakban ramadhan juga berlaku dan pengampunan yang kita dapatkan dari Allah SWT juga melimpah ruah.

Akhir Kata semoga dibulan Rajab menjadikan kita manusia yang lebih baik dan lebih Taat kepada-Nya baik bagi penulis sendiri dan pembaca semuanya.

Semoga dengan artikel ini ada mamfaat yang bisa dipetik dan bisa dipraktekkan meskipus tidak semuanya, mudah-mudahan Allah SWT meridhainya.

Amin ya rabbal alamin.


EmoticonEmoticon